Home Berita Gedebage Culinary Night: Pesta Rakyat Perbatasan

Gedebage Culinary Night: Pesta Rakyat Perbatasan

10
0
SHARE

Gelaran Gedebage Culinary Night (GCN) pada hari Sabtu 27/9/2014 lalu mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat Kecamatan Gedebage dan sekitarnya. Acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini, diadakan di sepanjang jalan Adi Flora Raya, Perumahan Bumi Adipura – Gedebage dengan menghadirkan 232 stand kuliner dan panggung hiburan kesenian mulai pukul 15.30 hingga 24.00.

Dari ratusan tenda kuliner tersebut, tampak sajian-sajian tradisional nusantara yang menggugah selera, seperti tutut Batu Itam khas Bandung, sate ikan bandeng Ciceri khas Banten, surabi Centil, awug, basreng, gudeg Bu Sum, nasi liwet bakar, jus tape rasa strawberry dari All About Peuyeum, tahu sumedang, cakue, odading, cireng bumbu, soto dan sate Madura, pecel Madiun, empek-empek Palembang dan sebagainya. Sajian modern juga turut meramaikan rasa, seperti sosis bakar dengan berbagai ukuran, burger, hotdog, bakso dan lain-lain.

Sate ikan bandeng

Berbagai hiburan di panggung kesenian malam itu tak kalah menariknya sehingga mampu menyedot perhatian banyak pengunjung. Ada Angklung Kaluman dari SMK 6, Dog Cing, Karinding, tari klasik islami, parade puisi, tarian anak, sajian musik dari band “Afternoon at School”, jaipong, dan marawis. Malamnya dilanjutkan dengan angklung Bilqis, Kabayan Longser, rampak sekar, korean dance, modern dance dari ACDC dan Crayon serta calung.

Panggung hiburan

GCN yang dihiasi lampu-lampu dari bola plastik ini ternyata telah mulai dipersiapkan sejak satu bulan yang lalu atau lebih oleh para pengambil keputusan di wilayah kecamatan Gedebage termasuk kelurahan-kelurahan yang berada di bawahnya. Berdasarkan pengamatan, tenda-tenda kuliner pun telah mulai dipasang seminggu sebelum acara dimulai, sehingga pada hari H-nya tidak ada yang belum siap atau terlupa.

Pada pembukaan acara, hadir pula Walikota Bandung Ridwan Kamil di tengah-tengah kesibukannya hari itu untuk merayakan puncak Hari Jadi Kota Bandung yang ke-204. Dalam sambutannya Ridwan Kamil menyampaikan program-program pemerintah untuk membangun wilayah Gedebage termasuk di dalamnya kawasan Teknopolis, masjid, dan sebagainya. Gedebage nantinya akan menjadi “Wajah Depan” Kota Bandung dengan berbagai pembangunan yang akan dilaksanakan di wilayah ini.

Walikota lulusan ITB ini menyampaikan apresiasinya terhadap Kecamatan Gedebage yang telah mampu menggelar GCN dan memberikan nilai tertinggi 9 dengan syarat tidak ada sampah yang berserakan, baik sebelum maupun sesudah acara diadakan. Menurutnya, GCN dapat dijadikan sebagai salah satu “indeks kebahagiaan” warga masyarakat, sehingga warga Gedebage dapat menikmati suasana malam minggu di wilayahnya dan tidak harus jalan jauh ke kota. “Adanya acara seperti ini, warga pun dapat menikmati wisata kuliner sambil melihat hiburan seni yang digelar,” imbuhnya.